TEKNOLOGI PERKANTORAN

Minggu, 13 Mei 2018

Pengertian Teknologi Perkantoran

A.      Pengertian Teknologi Perkantoran
Teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan – akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia.
Teknologi perkantoran itu sendiri adalah peralatan bantu untuk manusia dalam melakukan tugasnya dalam kegiatan administrasi ( Tedja Purnama, 1989;1). Kegiatan tersebut antara lain seperti mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan bahan – bahan keterangan secara efisien dengan menggunakan mesin – mesin kantor.
Dari pengertian diatas kita dapat mengetahui bahwa teknologi perkantoran berkaitan dengan penggunaan peralatan dan mesin mesin atau teknologi untuk membantu manusia dalam melaksanakan perkerjaan administrasi yang dilakukan dikantor. 

B.       Perkembangan Teknologi Perkantoran dan Pengaruhnya 
Peralatan dan mesin-mesin kantor berkembang sesuai dengan tuntunan perkembangan zaman dan teknologi yang ada , contoh sederhana yang cukup jelas misalnya dibidang penggandaan dulu untuk keperluan penggandaan alat yang dipakai adalah mesin tik dan mesin stensil manual, tapi kini sudah mulai menggunakan mesin fotocopy dan computer yang canggih, yang dapat mengirimkan data dari satu tempat ketempat yang lain bahkan dengan kemajuan internet pengiriman data dapat dilakukan dengan jarak yang berbeda dan mungkin juga antar Negara. Kemajuan dan kompleksitas teknologi perkantoran sedikit banyak akan membawa dampak terhadap pekerjaan itu sendiri, prosedur kerja maupun terhadap pekerjaan itu. Perkembangan teknologi perkantoran mempunyai pengaruh yang positif terhadap ketenagakerjaan, prosedur kerja dan hasil kerja perkantoran itu sendiri disamping dampak negatifnya.
a.    Dampak positif terhadap ketenagakerjaan yaitu: 
·       Peningkatan mutu tenaga kerja 
·       Meningkatkan kegairahan dan kedisiplinan kerja 
·       Meningkatkan penghasilan bagi tenaga kerja 
·       Meringankan tanaga dan pikiran pegawai 
·       Manfaat terhadap prosedur kerja yaitu 
·       Mempercepat penyelesaian pekerjaan 
·       Mempermudah menyelesikan pekerjaan 
·       Meningkatkan mutu hasil pekerjaan kantor 
·       Mempertinggi jumlah hasil perkerjaan 
·       Memenuhi standar mutu tertentu 
·       Memperoleh keseragaman bentuk, ukuran dan jenis hasil pekerjaan kantor 
b. Dampak negatif perkembangan teknologi perkantoran pada umumnya dirasakan sekali terutama yang menyangkut ketengakerjaan dan penambahan biaya sebagai berikut :
·       Megurangi penggunaan tenaga kerja dan barakibat menambah pengangguran 
·       Kesulitan untuk mencari tenaga kerja yang memiliki tingkat keterapilan tertentu 
·  Menimbulakan rasa ketergantungan kepada mesin yang sulit akan menimbulkan   pemborosan 
·       Dapat menimbulkan suara gaduh sehingga mengganggu pegawai lainnya 
·       Penggunaan mesin tertentu dapat memerlukan sarana penunjang lainnya yang memerlukan biaya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar